Cara mengumpulkan tugas di Google Drive wajib diketahui oleh pelajar maupun mahasiswa. Pasalnya sekarang mengumpulkan tugas secara daring menjadi cara paling simpel sehingga banyak digunakan. Pengajar bisa mengakses tugas dengan mudah dan file tidak hilang. Untuk itu, mari simak pembahasannya.
Daftar isi
Cara Mengumpulkan Tugas di Link yang Dibagikan
Saat akan mengumpulkan tugas biasanya akan ada link yang dibagikan untuk diisi tugas. Sebelumnya, harus diketahui terlebih dahulu cara mengumpulkan tugas di Google Drive. Tujuannya tentu agar tugas berhasil dikumpulkan dan bisa diakses. Untuk itu, simak cara-caranya berikut ini:
1. Mengumpulkan Tugas Melalui PC
Cara pertama yang bisa dipilih, mengumpulkan tugas bisa melalui PC. Seperti yang diketahui bahwa Google Drive bisa diakses melalui PC. Karenanya, tugas yang akan dikumpulkan bisa juga diupload melalui PC. Selengkapnya, mari simak langkah-langkahnya berikut ini:
- Buka peramban, disarankan untuk menggunakan Google Chrome untuk kemudahan akses.
- Pastikan alamat email yang akan digunakan untuk mengumpulkan tugas sudah sesuai.
- Kemudian, buka Google Drive melalui menu aplikasi Google pada halaman utama Google Chrome.
- Masuk ke menu ‘Shared’ untuk mengakses folder yang dibagikan.
- Folder untuk mengumpulkan tugas juga bisa dibuka dari link yang disebarkan.
- Jika terdapat link, tinggal klik saja dan Google akan langsung mengarahkan akses ke folder.
- Setelahnya, klik menu tambahkan di bagian kanan.
- Upload file dari perangkat PC, pastikan file sudah benar.
- Pengguna juga bisa menarik langsung file dari direktori file komputer dan menaruhnya di laman Google Drive.
- Setelahnya, Google Drive akan memuat file.
- Jika file sudah termuat sempurna artinya tugas sudah berhasil dikumpulkan.
2. Mengumpulkan Tugas Melalui HP
Mengumpulkan tugas di Google Drive yang lain yaitu bisa melalui HP. Selain bisa diakses melalui PC, Google Drive juga bisa diakses melalui HP. Itu artinya tugas yang dikerjakan juga bisa diupload cukup melalui ponsel saja. Untuk langkah lengkapnya, berikut ini pembahasannya:
- Akses Google Drive melalui aplikasi Google Drive yang tersedia.
- Pastikan akun yang digunakan sudah sesuai dengan akun yang diinginkan untuk mengupload tugas.
- Pada bagian garis tiga di sebelah kiri layar ada menu ‘Shared’.
- Masuk ke menu tersebut untuk mengakses folder.
- Jika ada link yang tersedia, folder juga bisa langsung diakses melalui link tersebut.
- Pada layar bagian bawah sebelah kanan ada simbol +.
- Klik simbol tersebut untuk menambahkan file tugas yang akan diupload.
- Pilih opsi file.
- Upload file dari penyimpanan ponsel, pastikan filenya sudah benar.
- Klik ‘Select’.
- Google Drive akan memuat dan mengunggah file yang sudah dipilih.
- Jika pemuatan sudah selesai maka tugas sudah berhasil diupload.
Langkah Membuat Link Untuk Pengumpulan
Kadang-kadang, pengajar meminta link Google Drive yang sudah lengkap terisi. Untuk hal ini, cara untuk membuat link yang bisa diisi juga harus diketahui. Dengan begitu siswa juga bisa membuat link sendiri untuk kemudian dibagikan. Berikut ini langkah-langkahnya:
- Pada Google Drive di Chrome atau di aplikasi Google Drive, masuk ke menu +.
- Kemudian pada opsi yang muncul, pilih folder.
- Google Drive akan membuat folder kosong baru.
- Beri nama folder yang dibuat.
- Setelahnya, masuk ke pengaturan akses.
- Ubah akses terbatas menjadi ‘siapa saja yang memiliki link’.
- Untuk jenis aksesnya, ubah juga menjadi ‘editor’ sehingga semua orang bisa mengupload file.
- Setelahnya, salin tautan Google Drive.
- Sebarkan ke grup kelas agar bisa diakses oleh semua orang.
Dengan mengetahui cara mengumpulkan tugas di Google Drive di atas, pengumpulan tugas kini menjadi sangat mudah. Selain itu, semua juga bisa membuat link baru untuk disebarkan. Dengan begitu, seluruh anggota kelas bisa mengumpulkan tugasnya dalam satu folder bersama dengan satu akses mudah.